-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Soal PG-Essay Informatika Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013

Post a Comment
Soal PG-Essay Informatika Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013

Soal PG-Essay Informatika Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013

Soal PG-Essay Informatika Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013 ini merupakan materi yang diambil dari Bab 3, "Berpikir Komputasional dan Praktik Lintas Bidang (Tematis)", Dengan berisikan soal tentang berpikir komputasional dan praktik lintas bidang.

Ada 65 butir soal informatika (30 pilihan ganda + 35 essay/uraian) yang kami bagikan kali ini sebagai referensi belajar dirumah.

Berikut adalah Soal PG-Essay Informatika Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013 dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 1.


1. Metode yang digunakan dalam membuat nasi goreng harus bisa mengurutkan langkah-langkah secara logis, berurutan, teratur, mudah, dan rinci mulai dari proses awal pembuatan sampai dengan proses penyajiannya agar mudah dipahami oleh orang lain. Hal termasuk termasuk teknik….
a. Decomposition
b. Pattern recognition
c. Abstraction
d. Algorithms
e. Semua benar
Jawaban : d

2. Computational thingking harus di terapkan sejak dari….
a. TK
b. SMP
c. SMK
d. Kuliah
e. Bangku sekolah
Jawaban : e

3. Versi Maple yang dirilis pada april 2011 dikenal sebagai versi….
a. 14
b. 15
c. 16
d. 17
e. 18
Jawaban : b

4. Guna menggambarkan gedung pada algoritma Djikstra dapat diwakili dengan simbol….
a. Garis
b. Titik
c. Kotak
d. Kubus
e. Belah ketupat
Jawaban : b

5. Perhatikan data berikut!
(1) Tempat asal
(2) Hasil akhir
(3) Tempat tujuan
(4) Jumlah titik
Berdasarkan data di atas, algoritma Djikstra secara mendasar sangat membutuhkan parameter….
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (4)
c. (1) dan (4)
d. (1), (2), dan (3)
e. (2), (3), dan (4)
Jawaban : d

6. Pada awalnya, konsep HKI adalah sesuatu yang diwariskan oleh hukum dari zaman….
a. Belanda
b. Inggris
c. Jepang
d. Jerman
e. Portugis
Jawaban : a

7. Indonesia bergabung dengan World Trade Organization (WTO) pada tahun….
a. 1998
b. 1997
c. 1996
d. 1995
e. 1994
Jawaban : e

8. Jumalah pasal dalam Agreement on Trade Related Aspects of Intellectual Property Rights (TRIPS) terdiri atas …. Pasal.
a. 71
b. 72
c. 73
d. 74
e. 75
Jawaban : c

9. Ketika seseorang sudah terbiasa dengan computational thinking, dampaknya….
a. Menjadi generasi menunduk
b. Penggunaan teknologi total
c. Pola lebih berpikir kritis
d. Selalu meneria apa adanya
e. Tidak melakukan apa-apa
Jawaban : c

10. Salah satu tokoh yang terkenal dengan prisip-prinsip computational thinking, adalah….
a. Bill Gates
b. Jeanette Wing
c. John Washbender
d. Phillip Arduino
e. Rudy Chan
Jawaban : b

11. Pada intinya abtraksi digunakan untuk menganalisis sebuah data dengan menganalisis sebuah data dengan mengidentifikasi objeknya terlebih dahulu agar informasih yang didapatkan lebih….
a. Salah
b. Medium
c. Akurat
d. Konsepsi
e. Adaktif
Jawaban : c

12. Program ini pada awalnya dikembangkan oleh Grup Symbolic Computation dari….
a. Haiti
b. Los Angeles
c. Miami
d. Kanada
e. Minnesota
Jawaban : d

13. Teknik kunci yang digunakan untuk memecah masalah yang lebih besar/kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana disebut….
a. Decomposition
b. Pattern recognition
c. Abstraction
d. Algorithms
e. Worksheet
Jawaban : a

14. Algoritma yang sering digambarkan sebagai algoritma greedy (tamak) adalah….
a. Williem
b. Verbodden
c. lrrelend
d. Edsger
e. Djikstra
Jawaban : e

15. Algoritma Djikstra pertama kali dirilis pada tahun….
a. 1958
b. 1959
c. 1960
d. 1961
e. 1962
Jawaban : b

16. Bentuk computational thinking paling awal yaitu….
a. Decomposition
b. Pattern Recognition
c. Abstraction
d. Algorithms
e. Reusable
Jawaban : a

17. Pattern Recognition disebut juga dengan….
a. Dekomposisi
b. Pengenalan pola
c. Abstraction
d. Algorithms
e. Kompleks
Jawaban : b

18. Berpikir komputasional yaitu cara berpikir untuk….
a. Menguraikan masalah
b. Mempersulit masalah
c. Menggunakan berbagai macam akar
d. Mengetahui akar masalah
e. Menggunakan masalah
Jawaban : a

19. Era Revolusi Industri 4.0 telah mengubah budaya kerja pegawai dalam perusahaan yang pada awalnya masih menggunakan media kertas beralih ke media….
a. Digital based
b. Opensource based
c. Paper based
d. Sound based
e. Trick based
Jawaban : a

20. Perhatikan data berikut!
(1) Lifeskill
(2) Softskill
(3) Relationship
(4) Leadership
Berdasarkan data di atas, keberhasilan sebuah team work ditentukan oleh….
a. (1) dan (3)
b. (2) dan (4)
c. (1) dan (4)
d. (1), (2), dan (3)
e. (2), (3), dan (4)
Jawaban : b

21. Perhatikan data berikut!
(1) Berkomunikasi dengan orang lain
(2) Alat bantu dalam mencari makan
(3) Mengolah makanan
(4) Alat bantu dalam berburu
Berdasarkan data di atas, kehadiran manusia purba pada masa pra sejarah, hanya mengenal teknologi sebagai….
a. (1) dan (3)
b. (2) dan (4)
c. (1) dan (4)
d. (1), (2), dan (3)
e. (2), (3), dan (4)
Jawaban : e

22. Definisi paling sederhana dari awan adalah….
a. Disket
b. Flash drive
c. Hard drive
d. Internet
e. Komputer
Jawaban : d

23. Proses pemikiran yang diperlukan dalam memformulasikan masalah dan solusinya, sehingga solusi tersebut dapat menjadi agen pemroses informasi yang efektif dalam menyelesaikan masalah adalah pengertian Computational Thinking menurut….
a. Joan Jet
b. Jeanette Wing
c. Pits. Johan
d. Johanes Pitts
e. Michael Norm
Jawaban : b

24. Beberapa teknik kunci dalam CT, kecuali…..
a. Flickr
b. Pattern  Recognition
c. Abstraction
d. Algorithms
e. Reusable
Jawaban : a

25. Penyedian layanan penyimpanan awan yang populer milik perusahaan google dengan istilah….
a. Carbonite
b. Dropbox
c. Facebook
d. Google Drive
e. Mozy
Jawaban : d

26. Penggunaan teknologi awan pada aplikasi web sering disebut dengan istilah….
a. Play stone
b. Resource
c. Room web
d. Spindle source
e. Web apps
Jawaban : e

27. Perhatikan data berikut!
(1) Dokumen baru
(2) Speadsheet
(3) Presentasi
(4) Menggambar
Berdasarkan data di atas, aplikasi google Docs memiliki fitur untuk membuat….
a. (1) dan (3)
b. (2) dan (4)
c. (1) dan (4)
d. (1), (2), dan (3)
e. (2), (3), dan (4)
Jawaban : d

28. Pixir adalah aplikasi web untuk editing gambar yang berjalan di web browser yang memiliki fitur serupa dengan….
a. Corel Draw
b. Aldus Pagemaker
c. Office Suite
d. Adoble Photoshop
e. Web Blooger
Jawaban : d

29. Keterampilan inti dari sebuah aplikasi dan komputasi yaitu….
a. Komputerisasi
b. Pemikiran komputasi
c. Internet sharing
d. Option internet
e. Penggunaan internet
Jawaban : b

30. Kemampuan pemikiran komputasi yang harus dimiliki seorang siswa, kecuali….
a. Decomposition
b. Pattern Recognition
c. Abstraksi
d. Algorithm Design
e. Confusion
Jawaban : e

31. Terangkan yang Anda ketahui tentang abstraksi!
Jawaban : Abstraksi memiliki arti sebagai suatu proses pembuatan, memisalkah, atau pun menyusun suatu perosalan yang dibahas. Dalam hal ini, definisi abstraksi menurut CT sebagai upaya identifikasi sebuah prinsip-prinsip umum yang nantinya akan menghasilkan ketergantungan pada objek yang saling berkaitan. Pada intinya, abstraksi digunakan untuk menganalisis sebuah data dengan mengidentifikasi objeknya terlebih dahulu agar informasi yang didapatkan lebih akurat karena adanya identifikasi tersebut.

32. Jelaskan fungsi perintah restart dalam program Maple!
Jawaban : Fungsi perintah restart digunakan untuk membersihkan memori yang dikelola oleh maple, di mana semua penghitungan (komputasi) sebelumnya akan dihapus dengan perintah tersebut.

33. Terangkan yang anda ketahui tentang metode mengimplementasikan Computational thinking!
Jawaban : Metode mengimplementasikan computational thinking adalah dengan memahami masalah, mengumpulkan semua data, lalu mulai mencari solusi sesuai dengan masalah. Pada computational thinking. Terdapat bagian dekomposisi yang digunakan untuk memecah maslah kompleks menjadi masalah-masalah sederhana yang mudah untuk diselesaikan

34. Bagian mengenal masalah pada kerangka berpikir disebut….
Jawaban : Pengenalan pola

35. Tuliskan definisi Computational Thinking menurut Jeanette Wing!
Jawaban : Pada tahun 2011, Jeanette Wing memperkenalkan definisi baru computational thinking adalah proses berpikir yang diperlukan dalam memformulasikan masalah san solusinya, informasi yang efektif dalam menyelesaikan masalah.

36. Jelaskan tentang perhitungan matematis dalam ranah komputasi modern!
Jawaban : Menyelesaikan sebuah masalah yang berkaitan dengan perhitungan matematis dalam ranah komputasi modem sebagai suatu sistem yang akan menyelesaikan masalah matematis menggunakan komputer. Dalam hal ini, cara menyusun algoritma agar dimengerti oleh komputer dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya, matematika merupakam bidang studi yang membehas dan mempelajari angka-angka yang dituangkan ke dalam sebuah rumus tertentu untuk menyelesaikan atau mencar solusi dari sebuah permasalahan, yang digunakan sebagai acuan pengembilan keputusan. Misalnya perhitungan statistika untuk mancari jumlah peluang keberhasilan dan kegagalan pada suatu kejadian atau grafik saham yang digunakan oleh investor saham. Semua perhitungan tersebut sudah diterapkan dalam komputasi, sehingga lebih mudah digunakan dalam mencari solusi yang sering diperdebatkan

37. Tahap terakhir dalam computational thinking yaitu….
Jawaban : Berpikir dengan algoritma

38. Tujuan dari berpikir dengan algoritma yaitu….
Jawaban : Mudah dipahami orang lain

39. Proses decomposisi pada CT harus memahami tentang….
Jawaban : Langkah-langkah pemecahan masalah

40. Ilmu wajib seorang programmer dalam mengimlementasikan matematika dan program yaitu….
Jawaban : Melatih logika

41. Uraikan proses dekomposisi dalam membuat nasi goreng!
Jawaban : Bentuk Computational Thinking (berpikir komputational) paling mudah dan sederhana dapat dilihat pada proses membuat nasi goreng. Dalam hal ini, kita harus memahami lagkah-langkah dalam membuat nasi georeng yang diawali dengan mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan, dilanjutkan membuat nasi goreng sesuai dengan langkah-langkahnya. Dalam membuet nasi goreng tersebut, harus menyiapkan alat memasak berupa kompor, wajan, dan spatula beserta bahan-bahan yang digunakan yaitu minyak goreng, nasi, telur, bumbu, dan lain-lainnya. Semua hal tersebut dinyatakan sebagai proses dekomposisi.

42. Tuliskan yang anda ketahui hubungan antara fungsi komputer dengan pemecahan suatu masalah!
Jawaban : Dimana sekarang, komputer bukan hanya digunakan untuk mencari informasi di internet, bukan hanya untuk mngetik, tetapi juga digunakan dalam hal perhitungan dengan memasukan rumus-rumus matematika ke dalam sebuah program komputer yang pada akhirnya bisa kita gunakan sebagai pemecahan suatu masalah. Misalnya alat komputasi yang digunakan untuk memecahkan perhitungan adalah kalkulator mekanik sebagai alat untuk perhitungan tangan. Kalkulator berevolusi menjadi komputer elektronik pada tahun 1940 dan pada masa selanjutnya komputer berguna untuk tujuan administratif. Penemuan komputer memengaruhi bidang analisis numerik, karena memberi peluang dilakukannya perhitungan yang lebih panjang dan rumit

43. Dalam membangun budaya kerja di era digital harus memastikan bahwa mereka memakai….
Jawaban : Teknologi digital

44. Penggunaan Abstraktsi fokus pada….
Jawaban : Informasi penting saja serta mengabaikan detail yang kurang relevan

45. Cara membangun langkah-langkah solusi terhadap masalah diperlukan langkah….
Jawaban : Algorithms

46. Terangkan fungsi Algorithms!
Jawaban : Algorithms untuk membangun langkah-langkah solusi terhadap masalah

47. Terangkan fungsi utama berpikir komputasi dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban : Berpikir komputasi adalah tehnik pemecahan masalah yang sangat luas wilayah penerapannya, bukan hanya untuk menyelesaikan masalah seputar ilmu komputer saja, melainkan juga untuk enyelesaikan berbagai masalah di dalam kehidupan sehari-hari.

48. Uraikan yang Anda ketahui tentang Pixlr (https://pixlr.com/)!
Jawaban : Pixir adalah aplikasi web untuk editing gambar yang berjalan di web browser. Aplikasi  jenis ini memiliki fitur yang serupa dengan Adobe Photoshop, seperti koreksi warna dan alat sharpening.

49. Computational thinking merupakan kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan secara….
Jawaban : Menyeluruh, logis, dan teratur

50. Langkah secara logis, berurutan, dan teratur adalah langkah….
Jawaban : Pengenalan pola

51. Terangkan fungsi Decompositions!
Jawaban : Decompotion untuk memecah masalah yang lebih besar atau kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana

52. Apakah fungsi dari Pattern recognition!
Jawaban : Pattern recogenition untuk mencari atau mnemukan pola atau kesamaan antar masalah maupun dalam masalah tersebut.

53. Sebutkan beberapa alasan umum menggunakan awan (cloud)!
Jawaban : Beberapa alasan umum menggunakan awan (cloud) adalah sebagi berikut
a. Berbagi (sharing) berkas
teknologi awan memudahkan user untuk berbagi berkas dengan pengguna internet yang lain kapanpun. Misalnya user dapat mengunggah (uplod) beberapa foto ke penyedia layanan foto berbasis awan seperti Flickr(http://www.flickr.com/) atau iCloud Photos (http://www.apple.com/icloud/photos), kemudian dapat user membegikan dengan cepat kepada teman dan keluarga.
b. Kapasitas penyimpanan
user dapat menyimpan apa pun awan, termasuk barkas dan e-mail. Hal ini berarti user dapat mengakses penyimpanan user dari komputer atau perangkat mobile yang terhubung internet. Penyediaan layanan penyimpanan awan yang populer adalah Dropbox (http://www.dropbox.co/) dan Google Drive (http://www.google.com/drive)
c. Pandangan (back-up) data
user dapat menggunakan awan untuk mencadangkan berkas-berkas user. Aplikasi seperti Mozy (http://mozy.com/) secara otomatis mencadangkan data-data user kea wan. Jika komputer user hilang, dicuri, atau rusak maka user masih dapat mengelola berkas-berkas user yang tersimpan di awan.

54. Jabarkan perbedaan mendasar antara Document Mode dan Worksheet mode!
Jawaban : Jika document mode memiliki wilayah input berupa Document Block. Document Blocks menyembunyikan Maple Syntax sehingga pengguna dapat focus pada pemecahan masalah. Adapun wilayah input Worksheet Mode ditandai dengan adanya Maple input prompt >. Jika prompt sudah terlihat, maka semua command akan ditampilkan

55. Uraikan yang Anda ketahui tentang langkah-langkah urautan logika dari algoritma Djikstra!
Jawaban :Langkah-langkah urutan logika dari algoritma Dijkstra adalah sebagai berikut.
a. Memberi nilai bobot (jarak) untuk setiap titik ke titik lainnya, lalu set nilai 0 pada node awal dan nilai tek terhingga terhadap node lain yang belum terisi.
b. Selanjutnya set semua node “Belum Terjamah” dan set node awal sebagi “Node keberangkatan”
c. Dari node keberangkatan tersebut, akan dipertimbangkan adanya node tetangga yang belum terjamah dan dihitung jaraknya dari titik keberangkatan. Misalnya titik keberangkatan A ke B memiliki bobot jarak 10, sedangkan dari B ke node C berjarak 10 + 6 = 16. Jika jarak tersebut ternyata lebih kecil dari jarak sebelumnya (yang telah terekam sebelumnya) maka data lama harus dihapus, dilanjutkan dengan menyimpan ulang data jarak dengan jarak yang baru
d. Saat selesai mempertimbangkan setiap jarak terhadap node tetangga, node yang telah terjamah ditandai sebagai “Node Terjamah”. Node terjamah tidak akan pernah dicek kembali, sebab jarak yang disimpan adalah jarak terakhir dan memiliki bobot paling minimal
e. Berikutnya set “Node belum terjamah” dengan jarak terkecil (dari node keberangkatan) yang dianggap sebagai “Node Keberangkatan” selanjutnya dan lanjutkan dengan kembali ke pada langkah ke 3.

56. Jelaskan pengertian mendasar dari bidang studi matematika!
Jawaban : Pada dasarnya, metematika merupakan bidang studi yang membahas dan mempelajari angka-angka yang dituangkan kedalam sebuah rumus tertentu untuk menyelesaikan atau mencari solusi dari sebuah permasalahan, yang digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan. Misalnya perhitungan statistika untuk mencari jumlah peluang keberhasilan dan kegagalan pada suatu kejadian atau grafik saham yang digunakan oleh investor saham. Semua perhitungan tersebut sudah diterapkan dalam komputasi, sehingga lebih mudah digunakan dalam mencari solusi yang sering diperdebatkan

57. Bagaimanakah bentuk evolusi dari kalkulator?
Jawaban : Kalkulator berevolusi menjadi komputer elektronik pada tahun 1940 dan pada masa selanjutnya komputer berguna untuk tujuan administratif. Penemuan komputer mempengaruhi bidang analisis numerik, karena memberi peluang dilakukannya perhitungan yang lebih panjang dan rumit.

58. Bagaimanakah tahap awal penemuan teknologi?
Jawaban : Pada awalnya teknologi berkembang secara lambat, tetapi seiring dengan kemajuan tingkat kebudayaan dan peradaban manusia, perkembangan teknologi berkembang dengan cepat. Semakin berkembangnya terknologi berdampak pada perkembangan dari kebudayaan yang maju pesat. Perkembangan teknologi yang pesat meliputi berbagai bidang kehidupan manusia. Apalagi dimasa sekarang semakin sulit memisahkan kehidupan manusia dengan teknologi, bahkan sudah menjadi sebuah kebutuhan sehari-hari. Awal perkembagan teknologi yang sebelumnya merupakan bagian dari ilmu atau bergantung dari ilmu, sekarang ilmu dapat juga bergantung dari teknologi.

59. Tuliskan hubungan antara budaya kerja di era digital dengan bisnis imperatife!
Jawaban :Dalam membangun budaya kerja di era digital harus memastikan bahwa mereka memakai teknologi digital hanya untuk kepentingan si pemakai saja taupun atupun hanya untuk gaya-gayaan. Namun yang pertama kali harus disadari dan dipahami adalah bahwa budaya kerja di era digital itu adalah bisnis imperatifnya, artinya bisnis ini mau dibawa kemana, seperti apa, mana elemen yang akan dipermudah dengan menggunakan teknologi digital. Serta bagaimana caranya supaya teknologi digital dapat memberikan terobosan-terobosan bagi pengembangan sebuah teknologi digital.

60. Jelaskan yang Anda ketahui tentang masyarakat digital dalam teknologi!
Jawaban : Laju perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang begitu cepat dan pesat, semenjak ditemukannya mesin dan komputer dunia teknologi mengalami perkembangan yang begitu drastis, bahkan bisa dikatakan setiap kita mengedipkan mata, di belahan bumi lain muncul inovasi teknologi terbaru. Begitu cepatnya perkembangan teknologi, kadang tidak terkejar oleh kita sehingga banyak dari kita yang merasa ketinggalan kemajuan teknologi, dan gaptek pun menghantui kita. pada awalnya perlu berhari-hari mengirimkan kabar ke seberang pulau melalui surat, tetapi di masa sekarang hanya butuh smartphone untuk berkomunikasi jarak jauh. Di era teknologi tinggi sepeti saat ini, informasi bisa didapatkan dengan mudah. Terlebih dengan adanya berbagai jenis jejaring sosial. Manusia awalnya tidak mengenal konsep teknologi. Kehadiran manusia purba pada pada masa pra sejarah, henya mengenal teknologi sebagai alat bantu dalam mencari makan alat bantu dalam berburu, serta mengolah makanan. Alat bantu tersebut sangat sederhana yang terbuat dari bambu, kayu, batu, dan bahan sederhana lain yang mudah mereka jumpai di alam bebas. Misalnya untuk membuat perapian, ia memanfaatkan bebatuan yang dapat memunculkan percikan api. Kedatangan smartphone telah mengubah secara radikal setiap aspek kehidupan remaja, dari sifat interaksi sosial mereka dengan kesehatan mental mereka. Perubahan ini telah mempengaruhi kaum muda di setiap sudut negara dan di setiap jenis keluarga. Trend yang muncul dikalangan remaja miskin dan kaya dari setiap latar belakang etnis di kota, pinggiran kota, hingga kota-kota kecil . Tujuan generasional bukanlah untuk menyerap pada nostalgia seperti keadaan sebelumnya, tetapi untuk memahami bagaimana mereka sekarang. Beberapa perubahan generasi positif, beberapa negatif, dan banyak keduanya. Lebih nyaman di kamar tidur mereka dari pada berada di komunitas atau lingkungan sosial, remaja masa kini secara fisik lebih aman daripada remaja yang pernah ada sebelumnya. Secara pisikologis, bagaimanapun, mereka lebih rentan dari pada millennium. Tingkat depresi remaja dan bunuh diri telah meroket sejak 2011. Bukan hal yang berlebihan untuk menggambarkan berada di ambang krisis kesehatan mental terburuk dalam beberapa dasawarsa. Sebagian besar kemunduran ini bisa di telususri ke ponsel mereka.

61. Sebutkan 4 teknik computational thinking menurut Jeanette Wing!
Jawaban : Terdapat 4 teknik kunci dalam computational thinking yaitu Decomposition untuk memecah masalah yang lebih besar/kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana, Pattern recognition untuk mencari/menemukan pola/kesamaan antar masalah maupun dalam masalah tersebut, Abstraction yang focus pada informasi penting saja serat mangabaikan detail yang kurang relevan, dan algorithmas untuk membangun langkah-langkah solusi terhadap masalah.

62. Jelaskan focus dari Abstraction!
Jawaban : Abstraction yang fokus pada informasi penting saja serta mengabaikan detail yang kurang relevan

63. Berikan contoh penerapan abstraksi dalam ilmu komputer!
Jawaban : Penerapan ilmu komputer dengan mengidentifikasi prinsip-prinsip umum untuk menghasilkan pola dengan menempatkan semua data file sistem ke dalam folder windows, file program dimasukan dalam folder Program
Files dan lain-lain. Pada intinya penempatan sebuah file tersebut dengan maksud mempermudah dalam pencarian berlanjut, karena tujuan utamanya memang mempermudah bagian user.

64. Tuliskan yang Anda ketahui tentang beberapa aturan dasar dalam menggunakan program Maple!
Jawaban : Beberapa aturan dasar dalam menggunakan program Maple adalah sebagai berikut.
Soal PG-Essay Informatika Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013

65. Sebutkan berbagai macam cara yang dapat diselesaikan dengan menggunakan berpikir komputasional!
Jawaban : Computational Thinking (berpikir komputasional) mereka cara berfikir yang memungkinkan untuk menguraikan suatu masalah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan sederhana, menemukan pola dalam dan masalah tersebut, serta menyusun langkah-langkah solusi mengatasi masalah.

Related Posts

Post a Comment